History is What's Happening!

Apakah Anda sering mengalami sakit kepala? Sakit kepala terkadang datang secara tiba-tiba dan mengganggu aktivitas yang sedang kita kerjakan. Sakit kepala bisa disebabkan karena beberapa hal seperti misalnya stres, mata tegang karena terlalu lama membaca atau memandang monitor komputer, terlambat makan, mencium aroma yang terlalu kuat, atau sebagai pertanda akan munculnya sakit yang lain seperti demam, flu dan sebagainya.

Pada umumnya orang yang mengalami sakit kepala akan langsung mencari obat sakit kepala dan segera meminumnya. Karena banyak orang yang merasa dengan minum obat sakit kepala dapat segera menuntaskan permasalahan ini. Tapi terlalu sering mengkonsumsi obat kimia juga kurang baik untuk kesehatan. Para ahli memperingatkan tentang jenis baru sakit kepala yang semakin umum, terutama di kalangan penderita sakit kepala kronis. Jenis baru ini disebut sakit kepala akibat obat berlebihan. Anda minum obat sakit kepala, tapi justru diikuti serangan pusing. Obat-obatan dimaksud, seperti aspirin, cetaminophen, atau ibuprofen yang diminum setiap hari.

Apabila Anda mengalami sakit kepala ringan sebaiknya jangan langsung mengkonsumsi obat sakit kepala. Cobalah beberapa cara sederhana berikut untuk meredakan sakit kepala Anda:

* Oleskan minyak pepermint
Cobalah oleskan minyak pepermint di dahi atau leher dan kemudian pijat sekitar 15 menit. Minyak pepermint dipercaya dapat menenangkan syaraf dan mengembalikan energi.
* Kompres dengan es
Coba kompreslah kepala, tenggorokan, bahu atau leher Anda dengan beberapa buah batu es yang ditaruh dalam kain tebal atau kantung es. Dinginnya es dipercaya dapat merilekskan otot Anda yang tegang. Cara ini dapat digunakan untuk meringankan sakit kepala akibat stres atau ketegangan otot.
* Jauhkan mata dari monitor
Ada sebagian orang yang mengalami sakit kepala karena terlalu lama berada di depan komputer. Hal ini diakibatkan adanya radiasi dari layar monitor. Untuk mengatasinya, cobalah Anda mengistirahatkan mata Anda dengan memejamkan mata sejenak atau berjalan-jalan ke tempat lain sekedar untuk mengalihkan pandangan dari layar komputer. Atau bisa juga Anda gunakan kacamata anti silau saat di depan komputer.
* Perbanyak minum air
Sakit kepala bisa juga disebabkan karena kurang cairan. Cobalah minum secara perlahan-lahan dan beristirahat sejenak. Hal ini dapat meredakan sakit kepala yang sedang Anda alami. Memang minum air putih yang cukup sangat disarankan guna memperlancar metabolisme tubuh.
* Hindari kelebihan gula darah
Sakit kepala bisa juga diakibatkan karena kelebihan gula darah atau makanan yang banyak mengandung pemanis buatan, pengawet atau zat pewarna. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan buatan sendiri atau buah-buahan segar yang sudah terjamin kualitasnya.
* Cukup istirahat
Kurang istirahat juga bisa mengakibatkan sakit kepala. Cobalah untuk menjaga pola tidur dan perbanyak istirahat. Hal ini juga dapat menjaga kondisi badan agar tetap fit.

Semoga cara tersebut bisa meredakan sakit kepala Anda. Selamat mencoba … :)

via sidomi.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: