History is What's Happening!

LG CINEMA 3D TV langsung mendapat perhatian, tidak hanya dari para penggemar teknologi maju tetapi juga media dan konsumen pada umumnya, terutama dengan teknologi yang telah ditingkatkan secara signifikan. LG CINEMA 3D TV membawa teknologi 3D satu langkah lebih maju, dengan teknologi bernama Film-type Patterned Retarder atau FPR. Teknologi ini memberikan gambar 3D yang lebih alami dan lebih hidup, dengan menerapkan sedekat mungkin metode seperti layaknya kita menerima efek tiga dimensi secara nyata. Teknologi LG CINEMA 3D secara sukses beralih dari teknologi 3D biasa, dan mampu mengedepankan generasi masa depan dalam menonton TV 3D.

Sekarang, mari kita masuk lebih jauh untuk membicarakan perbedaan LG CINEMA 3D TV dengan TV 3D Biasa.

Gambar Berkedip vs Gambar Bebas Kedip

TV 3D Biasa (Tipe SG; Shutter Glasses Type) secara terus menerus menutup gambar bagian kiri dan kanan lensa 3D untuk menghasilkan gambar 3D. Buka-tutup yang dilakukan pada lensa bagian kanan dan kiri secara terus menerus ini memberikan efek buruk pada pandangan dan mata Anda secara tidak sadar. Mata Anda akan merasakan stress, atau bahkan pusing dan sakit kepala. Begitu juga setelah kaca mata ditutup kemudian dinyalakan kembali, gambar kiri dan kanan akan saling tumpang tindih satu dengan yang lain sehingga menyebabkan crosstalk.

Tetapi, LG CINEMA 3D TV bebas dari kedip dan crosstalk, dan sangat ringan di mata Anda. Tidak seperti TV 3D biasa, LG CINEMA 3D TV menggunakan teknik maju yang menempatkan film terpolarisasi khusus pada panel TV itu sendiri daripada menggunakan metode ‘mati-hidup’ lama. LG CINEMA 3D TV telah dianugrahi sertifikat dari TÜV dan Intertek sebagai TV 3D bebas kedip pertama di dunia.

TV 3D Biasa TV (Tipe SG) LG CINEMA 3D TV (Tipe FPR)
Metode Penghasil Gambar 3D Menghasilkan gambar 3D dengan menutup pandangan kiri dan kanan Anda. Menghasilkan gambar 3D dengan menempatkan film terpolarisasi dalam panel TV itu sendiri.
Hasil Mata lelah, sakit kepala sebelah, sakit kepala keseluruhan, atau mual karena adanya gambar yang berkedip. Mata lebih santai dan Anda dapat menonton TV 3D dalam jangka waktu yang lama.

Kacamata Berat vs Kacamata Nyaman

Kacamata TV 3D Biasa (Tipe SG) sangat berat karena alasan teknis. Ini dikarenakan kacamata tersebut harus menerima transmisi visual dari TV, sehingga mereka membutuhkan alat terpisah untuk menerima sinyal. Kacamata tersebut juga membutuhkan batere, sehingga berat mereka bertambah secara signifikan. Bahkan kacamata biasa yang lebih berat akan terasa tidak nyama jika digunakan dalam jangka waktu yang agak lama, padahal berat kacamata 3D jauh lebih berat dibandingkan kacamata biasa. Menonton TV dalam jangka waktu yang lama dengan kacamata seberat itu dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman, lalu siapa yang mau merasakan hal itu saat menonton TV?

Kiri: Kacamata TV 3D biasa yang dibongkar/Kanan : Kacamata LG CINEMA 3D TV yang dibongkar

Akan tetapi kacamata LG CINEMA 3D TV memiliki berat separuh dari kacamata 3D TV biasa. Perbedaan utamanya adalah dengan teknologi FPR, sinyal tidak lagi dikirim bolak balik dari kacamata ke TV, sehingga kacamata benar-benar bebas dari alat elektronik atau batere. Lebih dari itu, LG bahkan mengembangkan lensa cantol untuk consumen yang menggunakan kacamata dari dokter. Dengan begini, LG CINEMA 3D TV dapat memberikan pengalaman menonton yang sangat nyaman, seperti menonton TV seharusnya.

Kacamata 3D Biasa Kacamata LG CINEMA 3D
Karakteristik
  • Kacamata secara langsung ikut  serta menghasilkan gambar 3D
  • Tidak dapat menonton layar 3D ketika sinyal antara TV dan Kacamata terganggu oleh perubahan posisi.
  • Menerima gambar 3D dari transmisi TV panel.
  • Dapat menonton gambar 3D secara stabil walaupun pindah posisi atau lokasi.
Bagian Piring Polarisasi, LCD, Batere, modul untuk mengisi ulang batere, tombol pengatur, dan lain-lain. Piring polarisasi.
Berat Lebih dari 40g 16g(kurang dari separuh berat tipe SG)
Sinkronisasi Mengirimkan sinyal kea lat 3D yang berbeda pada saat yang berbeda, jadi sepasang kacamata hanya dapat disinkronisasikan dengan satu alat pada satu waktu saja. Dengan teknik 3D berstandarisasi, sepasang kacamata dapat disinkronisasikan dengan beberapa alat 3D secara bersamaan. (Proyektor, laptop dan monitor, dan lain-lain).

Gambar 3D Gelap vs Gambar 3D Terang

Sebagian besar dari Anda mungkin memiliki pengalaman menonton gambar 3D, dibeberapa film, gambar terlihat lebih gelap dibandingkan 2D. Ini terjadi pada TV 3D biasa (Tipe SG) yang menggunakan kacamata penutup yang terus berkedip, yang juga memiliki panel hitam untuk menghasilkan gambar kabur. Kesimpulannya, baik monitor TV 3D dan kacamatanya membuat gambar asli lebih gelap dari gambar yang sebenarnya.

Tetapi LG CINEMA 3D TV memperlihatkan gambar 3D yang lebih terang. Terlebih lagi, dengan 3D Light Boost, yang merupakan film tipis terpasang di panel, sinar dari unit sinar belakang menjadi maksimal, memberikan gambar yang hampir 2 kali lebih terang daripada TV 3D biasa.

Dan tidak seperti TV 3D biasa, yang hanya menghasilkan 50 frame (50Hz) dari gambar 3D, LG CINEMA 3D TV dapat menghasilkan lebih dari 200 frame (200Hz) per detik. Jadi, CINEMA 3D TV menghasilkan gambar empat kali lebih banyak, lebih halus, lebih baik dan kualitas gambar 3D lebih baik  dibandingkan TV 3D biasa.

Posisi Menonton Terbatas vs Posisi Menonton Fleksibel

Kekurangan lain dari menonton TV 3D biasa, adalah saat orang menonton TV, mereka harus menonton dengan posisi tegak. Karena TV dan kacamatanya harus secara terus menerus berkomunikasi antara satu dengan yang lain, mengubah sudut kacamata akan mengganggu sinyal dan akan berakibat buruk pada gambar 3D.

Lain halnya dengan, CINEMA 3D TV dengan teknologi FPR, tidak membutukan monitor TV dan kacamata mengirimkan sinyal bolak-balik, jadi Anda dapat menikmati film 3D dengan posisi tiduran atau menyandar di sofa Anda! Posisi menonton yang fleksibel, dengan kata lain, Anda dapat benar-benar menikmati menonton TV 3D dalam sudut atau posisi apapun. Contohnya, ketika Anda menonton TV 3D dengan teman-teman Anda pada TV 3D biasa, semua orang harus berkumpul di tengah agar dapat menonton dengan baik. Tetapi dengan LG CINEMA 3D TV, semua orang dapat dengan santai menikmati menonton TV 3D.

Atas : Posisi yang berbeda dalam menonton; Bawah : Posisi sudut yang berbeda

Sejauh ini, kami telah melakukan observasi perbedaan antara menonton TV 3D biasa dengan LG CINEMA 3D TV.

Mari kita simpulkan ke dalam grafik sederhana.

TV 3D Biasa (Tipe SG) LG CINEMA 3D TV (Tipe FPR )
Kacamata 3D
  • Sakit kepala sebelah, sakit kepala keseluruhan, dan mual karena kedip pada kacamata.
  • Berat termasuk di dalamnya beberapa alat berbeda untuk menerima sinyal.
  • Hanya dapat menonton satu TV per kacamata
  • Berat: lebih dari 40g
  • Pengalaman menonton yang nyaman tanpa ada kedip atau crosstalk.
  • Ringan dan bahkan ada lensa cantol untuk orang yang mengenakan kacamata dari dokter.
  • Teknik terstandarisasi dapat membuat kacamata 3D bersinkronisasi dengan proyektor dan laptop, dan lain-lain.
  • Berat : 16g
Kecerahan Layar
  • Layar gelap karena gambarhitam dimasukan untuk menghilangkan crosstalk.
  • Kecarahan: 80nits
  • Gambar 3D yang terang dan jelas karena adanya 3D light boost. Dan bebas dari gambar hitam.
  • Kecerahan: 150nits
  • Gambar 3D yang terang dan jelas karena adanya 3D light boost. Dan bebas dari gambar hitam.
  • Kecerahan: 150nits
Interpolarisasi Gerakan 3D 50Hz TruMotion 200Hz
Posisi Menonton Tidak dapat menonton 3D dalam posisi terbatas. Dapat menonton 3D dalam posisi apapun.
Sudut Menonton Dapat menonton secara stabil gambar 3D hanya dalam sudut tertentu (kurang dari 80 derajat) Dapat menonton dengan bebas dari sudut manapun dalam 180 derajat.

Seperti yang Anda lihat, LG CINEMA 3D TV adalah TV 3D generasi masa depan yang sesungguhnya. Disempurnakan dari kelemahan-kelemahan TV 3D Biasa dan menyempurnakan keaslian gambar 3D. Dengan teknologi revolusioner FPR, CINEMA 3D TV selangkah lebih maju ke masa depan termasuk diantaranya teknologi TV 3D bebas kacamata. Dengan teknologi maju, LG CINEMA 3D TV adalah TV 3D paling maju yang tersedia di pasaran saat ini. Dan, tidak pelak lagi, membawa hiburan keluarga 3D langsung di rumah Anda.

(sumber : lgindonesiablog)

Comments on: "Perbandingan Dua TV 3D, Mana TV 3D Nyaman ?" (10)

  1. Jadi inget waktu kunjungan ke pamerannya, sempet nyobain LG Cinema 3D TV. Saya kagum bgt, sebelumnya saya kurang mengerti secara teknis, tapi secara visual setelah dibandingkan dengan Samsung 3D TV dan Sony 3D TV baru benar2 kelihatan bedanya, dan dari segi harga TV 3D secara keseluruhan pun LG lebih unggul.

    • Iya tuh bener banget, soal harga Cinema 3D LG kayanya emang bener2 TV 3D harga terjangkau banget dikelasnya deh. Maksud saya, kalo dibandingin dgn yg ukuran nya sama nah harga TV 3D LG lebih murah bro Oka. Ini dari pengalaman saya ke Best Denki waktu itu. Blm sempet jalan2 lagi nih sayangnya.

  2. Sudah pasti Smart TV memang unggul disegala lini…. all ini one.. kita bs browsing-chat dan memanfaatkan aplikasi TV di TV pintar ini.. dengan kacamata 3D yang lebih murah dibanding produk lain, namun dengan model yang canggih.. LG memang seribu langkah di depan hehehhehe

    • Kalo CInema 3D LG seri LW5700 & LW6500 itu bener sudah ada Smart TV nya juga kan ya? Sebenernya jatohnya lebih untung lagi ya. Langsung dapet 3D + Smart TV. Mantep juga… Emang cocok deh predikat best 3D TV in Indonesia nya. Makin mikir buat nabung lebih banyak nih. Hehehe

  3. Dear gan, reviewnya keren.. cuma mau tanya kalo Samsung Smart TV gimana yach? ada pengalaman pake/beli.. soalnya mereka juga ada kelebihan, tapi kelebihannya seperti apa.. saya tidak tahu. mereka sih bilangnya TV Pintar, Aplikasi TV nya lengkap, bisa Internet TV, dll…. mohon reviewnya yach🙂 thanks

    • Thanks udh mampir… Setau saya yah, kalo cinema 3D LG yg tipe LW5700 & LW6500 itu malah udh termasuk Smart TV juga lho. Keuntungannya dobel kalo dipikir sekilas aja. Kalo Samsung jujur aja saya emang kurang tertarik pas pertama kali jatuh cinta sama TV 3D LG di Best Denki. Hehehe. Dari pandangan pertamanya, saya pribadi kurang suka design Samsung, kaya ringkih gitu menurut saya. Sekali lagi ini opini saya pribadi ya… Tapi boleh juga sih mas, yg ini kan dari sisi TV 3D nya. Nanti saya coba cari tau lebih dalem soal Smart TV trus tak review disini. Sekali lagi, thanks!🙂

  4. info menarik neh!!! benar juga neh kita harus teliti sebelum beli barang, kalo mo beli tv 3D sebaiknya ketahui dulu ya teknologi nya yg bagus, nyaman, baik untuk kesehatan kita, biar kita tidak salah pilih dan nyesel nantinya.

    • Jadi pilih mana nih masbro / mbaksis biyang? Hehehe. Kalo saya sih udah jelas pasti pilihan TV 3D yg nyaman. Tinggal tunggu tabungan nih.😀

  5. kalo gitu saya pilih LG cinema 3D aja d. biar ga repot kalo dikit2 pusing kalo nonton film 3D.

  6. universalis71 said:

    LG Cinema 3D dong jelas, banyak keunggulannya seperti kacamata 3D FPR yg ringan, harga kacamata 3D yg murah, tidak adanya gambar tumpang tindih (no crosstalk), gak ada flicker (flicker free) jd nyaman buat di tonton, gak pegal di mata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: