History is What's Happening!

Sebentar lagi Imlek, saya jadi ingat pengalaman berwisata kuliner saya setahun yang lalu menjelang Hari Raya Imlek. Saya dan teman saya berjalan-jalan ke daerah Petak Sembilan, Glodok maksudnya untuk melihat-lihat keramaian Imlek disana. Seperti dugaan saya, suasana disana sangat ramai sekali. Setiap warga keturunan Tionghoa disana sepertinya sangat sibuk membeli pernak-pernik serta kebutuhan menjelang imlek. Di setiap jalan dihiasi dengan lampion-lampion merah dan pastinya banyak sekali pedagang yang menjual berbagai kebutuhan Imlek seperti lampion, Bunga Mei Hwa, amplop angpao dan masih banyak lagi.

Saat kami berjalan-jalan di Pasar Gloria, Glodok, saya jadi ingat kalau di daerah sana ada salah satu makanan legendaris yaitu Gado-Gado Direksi. Saya dan teman saya memutuskan mumpung kami sedang disana kenapa tidak kami coba cicip kuliner yang sangat terkenal itu. Setelah bertanya-tanya kesana kemari akhirnya kami berhasil menemukan tempatnya. Ternyata tempatnya tidak seperti yang kami bayangkan. Kami pikir tempatnya pasti besar dan nyaman karena makanan ini kan sudah sangat terkenal sekali dan katanya menjadi makanan favorit para Direksi BI. Ternyata tempatnya hanyalah sebuah warung kecil bercat biru yang luasnya hanya sekitar 1×4 m.

Tapi berhubung kami sudah sangat lapar kami sudah tidak begitu memperhatikan tempatnya. Kami berdua langsung memesan makanan yang menjadi andalan mereka yaitu Gado-Gado Direksi. Tampilannya sama dengan gado-gado pada umumnya sayur-sayuran disiram kuah kacang ditambah emping dan kerupuk. Tapi yang membedakan bumbu kacangnya yang sangat lembut dan rasanya yang pas. Untuk harganya sendiri juga masih terjangkau. Saat saya kesana harga seporsi Gado-Gado Direksi sebesar Rp 17.000.

Kalau Anda berkunjung ke area Petak Sembilan atau Pancoran, Glodok, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Alamat : Gado Gado Direksi. Jl. Pintu Besar Selatan II. Glodok – Kota. Jakarta Barat. Telp 021 925 31 495 / 0812 940 8926

Selamat mencoba … !

Leave a Reply

Tag Cloud

