History is What's Happening!

Pasti sekarang tiap orang tidak asing lagi dengan yang namanya Facebook, Twitter, WhatsUp, dan sosial media lainnya. Saat ini sosial media sudah sangat mempengaruhi aktivitas kita sehari-hari. Fungsinya bukan saja sebagai sarana berkomunikasi tapi juga bertambah menjadi sarana hiburan, edukasi bahkan promosi. Di tahun 2011 lalu, Indonesia bahkan dinobatkan sebagai negara dengan pengguna facebook nomor dua terbanyak dan pengguna Twitter terbanyak nomor tiga di dunia.

Nah akan seperti apa perkembangan sosial media di tahun 2012 … Berikut pemaparan dari Amy Jo Martin, pendiri Digital Royalty seperti dikutip Tech Crunch

* Sosial Media akan masuk ke siaran televisi

Di tahun 2012 akan lebih banyak program acara yang melibatkan audiens untuk berinteraksi secara langsung mengenai topik yang sedang hangat diperbincangkan. Siaran politik, kampanye, dan pemilihan Presiden mungkin akan dilakukan di televisi secara interaktif. Televisi, yang semula bersifat monolog, akan berubah menjadi dialog. Komunikasi yang semula satu arah, akan berubah menjadi dua arah dan lebih interaktif. Saat ini sudah banyak polling pemilihan pemenang sebuah acara di televisi bahkan wakil rakyat yang dilakukan melalui sosial media seperti facebook, twitter (twitpoll) dan sebagainya

* Streaming televisi akan meramaikan sosial media

Selain tren sosial media yang masuk ke siaran televisi di tahun 2012 ini juga akan banyak streaming acara televisi yang masuk dalam jaringan sosial media. Contohnya Super Bowl, acara pertandingan final sepak bola di Amerika akan ditayangkan secara streaming. Jadi sekarang penonton bisa melihatnya tanpa harus menonton televisi.

* Facebook akan menjadi pusat sosial media

Amy percaya bahwa di tahun 2012 ini integrasi dengan Facebook menjadi sebuah keharusan yang menguntungkan. Facebook akan menjadi pusat proyek-proyek sosial media.

* Bisnis besar sosial media akan tumbuh

Perusahaan-perusahaan besar akan berkonsentrasi merawat akun jejaring sosial yang dimiliki perusahaan, untuk menjaga “brand image”.  Facebook, Twitter, dan Youtube bukan lagi tempat untuk memasang iklan, melainkan menjalin hubungan sosial dengan pelanggan dan mitra bisnis.

* ROI masih besar

Di tahun 2012 ini, ROI (Return on Investment) di sosial media masih besar.  Konsep hubungan yang terjalin dari keberhasilan sosial media akan diadopsi oleh perusahaan sebagai strategi bisnis. Costumer Service, riset, dan image branding akan menjadi bisnis yang penting di ranah sosial media.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: