History is What's Happening!

Pasti kita semua sudah tahu kalau buah jeruk memiliki banyak khasiat yang sangat berguna bagi tubuh kita. Selain mampu menghasilkan vitamin C yang sangat berguna menambah daya tahan tubuh, buah jeruk juga berkhasiat untuk menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, sebagai obat batuk dan masih banyak yang lainnya. Banyak orang yang menganggap bahwa khasiat buah jeruk hanya dapat diperoleh dari daging buahnya saja. Ternyata tidak demikian, ada bagian dari buah jeruk yang sering dianggap tidak berguna seperti misalnya kulitnya yang memiliki banyak sekali manfaat. Banyak orang yang setelah mengupas jeruk lalu kulitnya dibuang begitu saja padahal terdapat senyawa penting yang ada pada serat putih dalam kulit jeruk yang memiliki banyak manfaat bagi kita.

Zat bermanfaat yang terkandung dalam kulit jeruk salah satunya adalah minyak atsiri. Minyak ini mengeluarkan aroma yang sangat khas dan biasa digunakan sebagai bahan alami pembuat minyak gosok untuk pengobatan tradisional. Hasil penyulingan dari minyak atsiri ini juga bisa digunakan sebagai bibit parfum. Minyak atsiri diyakini mampu menstabilkan sistem saraf sehingga memberikan efek tenang bagi yang menghirupnya.

Minyak atsiri juga mengandung senyawa limonen yang dapat memperlancar peredaran darah, meringankan rasa sakit akibat radang tenggorokan dan batuk dan menghalangi berkembang biaknya sel kanker dalam tubuh. Kandungan kulit jeruk juga terbukti dapat meningkatkan selera makan seseorang. Dan zat sitronela yang terkandung dalam kulit jeruk juga bisa digunakan sebagai anti nyamuk.
Wah … ternyata banyak sekali ya manfaat dari kulit jeruk🙂

Sumber: anneahira.com

Comments on: "Wow.. Ternyata Kulit Jeruk Banyak Manfaatnya" (2)

  1. z'cute^^ said:

    apa kulit jeruk mengandung antiseptik???

    • Halo, terima kasih sudah membaca artikel ini. Minyak yang dihasilkan dari kulit jeruk juga merupakan antiseptik alami bila digunakan dalam sabun. Ini dapat membantu untuk mencegah sepsis (penyakit kelainan pada darah) dan tetanus dari luka yang disebabkan oleh besi atau logam. Hal ini juga secara alami mengandung antimikroba dan bekerja sebagai desinfektan pada luka. Semoga menjawab pertanyaan Anda ya. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: