History is What's Happening!

Teknologi 3D sekarang sedang menjadi tren di masyarakat dunia. Mulai dari film, ponsel, kamera, PC, notebook, TV bahkan makanan pun banyak yang telah menggunakan teknologi 3D. Walaupun teknologi 3D ini sudah banyak digunakan dalam berbagai hal namun masih banyak yang menganggap teknologi 3D dapat membahayakan kesehatan terutama kesehatan mata. Teknologi 3D selalu dituding dapat menyebabkan kerusakan mata.

Tetapi berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Profesor Anne Bamford dari University of Arts, London menunjukkan bahwa teknologi 3D dapat membuat siswa menjadi lebih cepat dalam menyerap pelajaran dan tingkat konsentrasinya menjadi lebih tinggi. Profesor Anne Bamford melakukan penelitian di 15 sekolah di 7 negara melibatkan 740 siswa yang berusia 10-11 tahun. Penelitian tersebut dilakukan dengan membagi para siswa menjadi 2 kelompok yaitu kelompok siswa mendapatkan pengajaran dengan konten 2D dan kelompok siswa yang mendapatkan pengajaran dengan konten 3D. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan.

Hasilnya sangat mengejutkan ternyata siswa yang mendapatkan pengajaran dengan konten 3D dapat mengingat lebih banyak dibanding para siswa yang mendapatkan pengajaran dengan metode biasa yaitu dengan konten 2D. Para guru menyatakan bahwa siswa yang mendapat pengajaran dengan konten 3D memiliki pemahaman yang lebih mendalam, peningkatan daya konsentrasi, lebih termotivasi dan lebih aktif. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa nilai rata-rata anak-anak yang belajar dengan konten 3D naik 17% dari nilai mereka yang hanya 8% saat mereka masih belajar dengan konten 2D.

Saat ini sudah cukup banyak anak yang telah menggunakan teknologi 3D baik dalam bentuk game ataupun melalui film-film animasi yang sekarang banyak diputar dalam format 3D. Melalui penelitian tersebut ditemukan suatu metode pembelajaran baru yang lebih menyenangkan dan para guru juga tidak menemukan kesulitan saat mengajar dengan menggunakan konten 3D. Tetapi sayangnya teknologi 3D ini masih tergolong mahal sehingga tidak semua sekolah yang bisa menyediakan materi pembelajaran dalam format 3D. Jadi bagi para orangtua tidak perlu khawatir lagi mengenai dampak negatif dari teknologi 3D. Teknologi 3D sudah terbukti dapat meningkatkan daya ingat serta daya konsentrasi anak hanya saja yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memilih teknologi 3D yang baik untuk kesehatan jika kita akan menggunakan teknologi tersebut di rumah.

via okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: