History is What's Happening!

Siapa di antara Anda yang tidak suka gorengan? Makanan ringan yang terbuat dari bahan makanan seperti misalnya pisang, tahu, ubi, tempe dan sebagainya yang dilapisi adonan tepung kemudian digoreng. Sekarang ini banyak sekali tukang gorengan yang bisa kita temui mulai dari pinggir jalan, pasar hingga toko-toko makanan. Memang makanan ini cukup banyak digemari selain karena rasanya yang enak dan pastinya karena harganya yang murah meriah. Saya sendiri juga termasuk salah satu penggemar makanan ringan yang satu ini. Hampir tiap hari saya makan gorengan entah itu untuk sarapan atau sekedar untuk camilan di sore atau malam hari.

Tapi tahukah Anda kalau ternyata gorengan bisa memicu orang menjadi cepat marah dan lebih agresif? Saya belum lama membaca sebuah artikel bahwa ada sebuah penelitian yang diungkap dalam Jurnal Plos One yang menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi makanan yang mengandung asam atau lemak trans terhadap sifat pemarah dan agresif. Dan gorengan termasuk dalam salah satu makanan yang banyak mengandung lemak trans. Penelitian ini dilakukan oleh Dr Beatrice Golomb, MD, Ph.D., seorang profesor jurusan kedokteran di University of California San Diego beserta timnya dan melibatkan 945 pria dan wanita. Dari penelitian tersebut terungkap bahwa asupan lemak trans yang lebih banyak dapat memprediksi seseorang lebih agresif. Dan hal ini telah terbukti bahkan setelah diperhitungan dengan faktor lain seperti jenis kelamin, umur dan etnis.

Bahkan bukan itu saja, lemak trans juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Seperti yang diungkap Mayo Clinic, lemak trans dibuat ketika hidrogen ditambahkan ke dalam minyak sayur, berfungsi untuk membantu makanan tahan lebih lama. Namun akibatnya kadar kolestrol buruk meningkat dan kadar kolestrol baik turun. Dan hal inilah yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung pada kebanyakan orang.

Jadi bagi Anda para penggemar gorengan disarankan untuk mulai mengurangi konsumsi makanan ringan ini dan cobalah untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang lebih segar dan sehat. Karena makanan ringan ini telah terbukti bisa mengganggu kesehatan tubuh kita. Memang akan lebih baik bisa mengkonsumsi gorengan yang kita buat sendiri di rumah karena lebih terjamin kesehatannya terutama dari segi minyak untuk menggorengnya. Seperti halnya kita ketahui kalau gorengan yang kita beli di luar terutama yang ada di pinggir jalan jarang atau bahkan tidak ada yang menggunakan minyak goreng tak jenuh bahkan seringkali mereka menggoreng dengan menggunakan minyak goreng sisa kemarin. Hal ini menambah buruk kadar lemak dari gorengan itu. Jadi mulailah kita upayakan pola hidup sehat dengan mencoba mengurangi makan makanan yang terbukti tidak baik bagi kesehatan kita.

via food.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: