History is What's Happening!

Biasanya orang akan tertawa jika mendengar atau melihat sesuatu yang lucu. Memang tertawa merupakan salah satu ungkapan rasa senang atau bahagia dari diri seseorang. Dengan tertawa beban pikiran yang berat bisa terasa lebih ringan dan bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Tapi tahukah Anda ternyata tertawa mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti bionutrisi dari Vanderbilt University Nashville, Tennese, AS telah berhasil membuktikan bahwa tertawa selama 10-15 menit dapat membakar hingga 50 kalori, sehingga membuat berat badan turun secara bertahap. Penelitian ini dilakukan dengan serangkaian tes panjang dengan melibatkan 45 orang relawan yang terdiri dari 24 perempuan dan 21 laki-laki dan juga telah dipresentasikan di The European Congress On Obesity di Athena, Yunani beberapa waktu lalu. Tertawa bisa memberikan pijatan yang baik bagi perut sehingga mampu membakar kalori dalam tubuh.

Tertawa juga telah terbukti efektif dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dialami oleh seseorang. Hal ini telah dibuktikan melalui studi yang dilakukan terhadap anak-anak yang menonton film komedi dimana mereka akan lebih mudah mentoleransi rasa sakit. Tertawa juga bisa memberikan pijatan yang baik untuk beberapa organ tubuh seperti hati, ginjal, pankreas, dan limpa. Dengan tertawa maka aliran darah meningkat sehingga membuat fungsi organ tubuh menjadi lebih optimal. Selain terbukti mampu membantu menurunkan berat badan, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi organ tubuh, tertawa juga mempunyai beberapa manfaat lainnya seperti:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Para peneliti telah menemukan fakta bahwa tertawa mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah antibodi yang memproduksi sel-T sehingga membantu menurunkan kadar 4 hormon yang berhubungan dengan stres. Hal ini membuat tertawa menjadi satu cara paling efektif untuk mengurangi efek stres dan membuat tidur lebih baik.

2. Meningkatkan pernapasan.
Tertawa juga bisa membantu mengosongkan paru-paru dari udara berlebih yang dibutuhkan sehingga memberikan efek pembersihan. Hal ini sangat membantu bagi orang yang memiliki gangguan pernapasan seperti misalnya asma.

3. Mengurangi resiko penyakit jantung.
Sebuah studi menemukan fakta bahwa tertawa bisa memperluas dinding bagian dalam arteri sehingga meningkatkan aliran darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

4. Antidepresan yang efektif.
Tertawa bisa meningkatkan produksi serotonin yang bertindak sebagai antidepresan alami sehingga mampu mengurangi kecemasan dan depresi. Jadi tidak mengherankan orang yang memiliki selera humor baik lebih jarang mengalami depresi.

5. Tertawa itu bisa menular.
Seseorang yang bisa melucu atau membuat lelucon yang mengundang tawa akan meningkatkan semangat orang-orang disekitarnya sehingga bisa menciptakan energi positif untuk lingkungan sekitar.

Ternyata banyak sekali manfaat dari tertawa ya. Jadi jangan ragu-ragu untuk tertawa jika melihat atau mendengar sesuatu yang lucu. Asalkan jangan terlalu lama atau kebanyakan ya karena bisa-bisa disangka orang gila nanti … hehehe …😀

via health.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: