History is What's Happening!

Tips Mengatur Pengeluaran

Kemarin saya membaca sebuah artikel yang menarik dalam sebuah tabloid. Artikel tersebut mengulas tentang bagaimana cara mengontrol pengeluaran. Memang untuk mengatur pengeluaran dibutuhkan disiplin yang kuat. Seringkali pengeluaran yang kita lakukan tidak sesuai dengan rencana yang telah kita buat sebelumnya. Hal ini biasanya dikarenakan adanya kebutuhan mendadak yang tidak kita duga sebelumnya misalnya biaya ke dokter atau adanya godaan “sale” dari berbagai pusat perbelanjaan. Biaya tak terduga ini seringkali membuat pengeluaran membengkak bahkan bisa mengurangi alokasi pendapatan kita untuk menabung atau membuat kita mengeluarkan dana dari tabungan kita.

Lalu bagaimana supaya pengeluaran kita bisa sesuai dengan perencanaan sebelumnya? Berikut adalah beberapa tips supaya pengeluaran bisa terkendali sesuai tujuan

1. Pengeluaran dibagi berdasarkan pos-posnya
Setelah kita menerima gaji sebaiknya dana tersebut langsung kita bagi berdasarkan pos-pos yang ada sesuai kebutuhan, misalnya pembayaran kartu kredit, telepon, listrik, transportasi dan sebagainya. Jangan ditunda-tunda lagi karena biasanya dengan kita menunda pembayaran atau pengeluaran utama bulanan kita akan membuat kita lupa atau seringkali dana yang masih ada sudah dialokasikan untuk kebutuhan lain. Alokasi tersebut bisa dilakukan dengan sistem amplop (membagi dana untuk pengeluaran bulanan dalam amplop khusus sesuai kebutuhan) atau bisa juga membagi ke rekening yang berbeda.

2. Kunjungi ATM seminggu sekali
Janganlah terlalu sering pergi ke ATM. Sebaiknya saat Anda menerima gaji langsung membayar berbagai kebutuhan utama dan menarik uang sesuai perkiraan kebutuhan untuk seminggu ke depan. Dengan demikian pengeluaran akan lebih terkontrol.

3. Jangan terlalu sering mendebit ATM saat melakukan transaksi pembelian
Janganlah membiasakan melakukan pembelian dengan cara mendebit ATM. Memang mendebit ATM lebih praktis dan mudah, kita tidak perlu membawa uang tunai saat berbelanja tapi cara ini membuat kita sering tidak merasa mengeluarkan uang secara psikologis. Justru dengan melakukan pembayaran secara tunai akan membuat kita tahu berapa besar pengeluaran yang telah kita lakukan.

4. Kelompokkan pengeluaran sesuai waktu
Cobalah mengelompokkan pengeluaran berdasarkan waktu misalnya pengeluaran bulanan, mingguan atau harian. Pengeluaran bulanan misalnya pembayaran listrik, telepon, kartu kredit dan sebagainya. Pengeluaran mingguan misalnya belanja untuk keperluan rumah tangga. Dan pengeluaran harian misalnya transportasi, uang makan dan sebagainya.

Semoga cara-cara tersebut bisa membantu Anda dalam merencanakan keuangan bulanan dan lebih mengontrol pengeluaran Anda. Selamat mencoba …🙂

via Tabloid Bintang Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: